Kamis, 23 September 2010

Rumus Manning Sejarah dan Perhitungan Onlinenya


Manning, Robert lahir di Normandia, Perancis, pada tahun 1816, tahun setelah pertempuran Waterloo, yang ayahnya telah mengambil bagian. Dia meninggal pada 1897. Pada tahun 1826, ia pindah ke Waterford, Irlandia, dan bekerja sebagai akuntan.

Pada 1846, selama tahun kelaparan yang besar, Manning direkrut ke Divisi Drainase Arteri Kantor Irlandia Pekerjaan Umum. Setelah bekerja sebagai juru gambar untuk sementara waktu, ia diangkat sebagai seorang insinyur asisten Samuel Roberts akhir tahun itu. Pada 1848, ia menjadi insinyur kabupaten, posisi yang dipegangnya sampai 1855. Sebagai seorang insinyur kabupaten, ia membaca "Traité d'Hydraulique" oleh d'Aubisson Voissons des, setelah itu ia mengembangkan minat besar dalam hidrolika.

Dari 1855-1869, Manning dipekerjakan oleh Marquis dari Downshire, sementara ia mengawasi pembangunan Dundrum Bay Harbor di Irlandia dan merancang sistem pasokan air untuk Belfast. Setelah Marquis 'kematian pada tahun 1869, Manning kembali ke Kantor Irlandia Pekerjaan Umum sebagai asisten untuk chief engineer. . Ia menjadi kepala insinyur tahun 1874, posisi yang dipegangnya sampai pensiun pada tahun 1891

Manning tidak menerima pendidikan atau pelatihan formal dalam mekanika fluida atau rekayasa. Latar belakangnya akuntansi dan pragmatisme mempengaruhi karyanya dan mendorongnya untuk mengurangi permasalahan mereka ke dalam bentuk yang sederhana . Dia membandingkan dan mengevaluasi tujuh rumus ternama saat itu: Du buat (1786), Eyelwein (1814), Weisbach (1845), St Venant (1851), Neville (1860), Darcy dan Sub DAS Belo (1865), dan Ganguillet dan Kutter (1869).

Dia menghitung kecepatan yang diperoleh dari setiap rumus untuk kemiringan tertentu dan untuk radius hidrolik bervariasi dari 0,25 m sampai 30 m.

Kemudian, untuk setiap kondisi, ia menemukan nilai mean dari tujuh kecepatan dan mengembangkan sebuah formula yang paling sesuai data.

Rumus kecocokan pertama adalah sebagai berikut:

V = 32 [RS (1 + R 1 / 3)] 1 / 2

Dia menyederhanakan formula ini menjadi:

V = CR x S 1 / 2

Pada 1885, Manning memberikan nilai x 2 / 3 dan menulis formula sebagai berikut:
V = CR 2 / 3 S 1 / 2

Dalam sebuah surat kepada Flamant, Manning menyatakan: "Kebalikan C berhubungan erat dengan n, sebagaimana ditentukan oleh Ganguillet dan Kutter; baik C dan n yang konstan untuk saluran yang sama."

Pada Desember 4, 1889, di usia 73, Manning formula pertama kali diajukan ke Lembaga Sipil Engineers (Irlandia). Formula ini melihat cahaya pada 1891, di dalam makalah yang ditulis oleh dia yang berjudul "Pada aliran air pada saluran terbuka dan pipa, "diterbitkan dalam Transaksi Lembaga Teknik Sipil (Irlandia).

Manning tidak menyukai persamaan sendiri karena dua alasan: Pertama, sulit pada waktu itu untuk menentukan nilai akar pangkat tiga dan kemudian dikuadratkan menjadi 2/ 3.
Selain itu, dimensi persamadian itu salah, dan sehingga untuk memperoleh kebenaran dimensi dia mengembangkan persamaan berikut:

V = C (gS) 02/01 [R 1 / 2 + (0,22 / m 1 / 2) (R - 0,15 m)]

dimana m = "tinggi kolom merkuri yang menyeimbangkan atmosfer," dan C adalah bilangan tak berdimensi "yang bervariasi dengan sifat permukaan."

Namun, dalam beberapa buku akhir abad ke-19, rumus Manning ditulis sebagai berikut:

V = (1 / n) R 2 / 3 S 1 / 2

Through his "Handbook of Hydraulics," King (1918) led to the widespread use of the Manning formula as we know it today, as well as to the acceptance that the Manning's coefficient C should be the reciprocal of Kutter's n .
Melalui "Buku Pegangan Hydraulics," Raja (1918) menyebabkan penyebaran pemakaian rumus Manning seperti yang kita kenal sekarang, serta penerimaan yang koefisien Manning C harus kebalikan dari "n" Kutter.

In the United States, n is referred to as Manning's friction factor, or Manning's constant.
Di Amerika, n disebut sebagai faktor gesekan yang Manning, atau konstanta Manning. Di Eropa, K Strickler sama Manning's C, yaitu kebalikan dari n.

kontribusi ini ditulis pada bulan April 2005 oleh Fadi Khoury, berdasarkan literatur yang tersedia. Fadi graduated with an MS degree in Civil Engineering from San Diego State University in June 2007. Fadi lulus dengan gelar MS Teknik Sipil dari San Diego State University pada bulan Juni 2007.

Return to ponce.sdsu.edu Kembali ke ponce.sdsu.edu
Manning Equations and Formulas Calculator


Fluid Mechanics Hydraulics

Solving For Flow Velocity



Flow Velocity

Inputs:


hydraulic radius (R) 
energy grade line slope (S) 
roughness coefficient (n) 

Conversions:

R = 0   = 0  foot
S = 0   = 0  
n = 0   = 0  




Solution:

flow velocity (V)  =  HAS NOT BEEN CALCULATED 




Other Units:




Change Equation

Select an equation to solve for a different unknown




flow velocity Solve for flow velocity
hydraulic radius Solve for hydraulic radius
energy grade line slope Solve for energy grade line slope
roughness coefficient Solve for roughness coefficient


Where

V  =  flow velocity
R  =  hydraulic radius 
s  =  energy grade line slope 
n  =  coefficient of roughness 




References - Books:


1) Warren Viessman, Jr, Mark J. Hammer. 1993. Water Supply and Pollution Control. Harper Collins College Publishers. 5th ed.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

detikNews - Berita

Powered By Blogger

kunjungan google

Google bot last visit powered by Bots Visit

JADWAL SHOLAT

iklan

Promo & kejutan di LAZADA